Tutorial Image Stabilization Android tanpa OIS dan Gimbal

Kali ini gw mau share salah satu cara buat yang demen bikin video tapi hp blum punya OIS atau ga pake stabilizer/Gimbal jadi bikin gampang goyang hasil rekaman videonya. Baiknya mending pake gimbal sih tapi kalau kita masuk ke dalam kategori sobat misqueen tentunya akan berat untuk dapat memilikinya. Wkwkwk. Jadi ya sementara pake stabilization hasil edit software aja dulu.
Nah gw nyari-nyari aplikasi yang bisa mengakomodir stabilisasi rekaman video di hp android. Tapi ga bakalan ada sih aplikasi rekam video kalau secara hardware atau software di hp nya ga support. Trus klo misal di aplikasi PC untuk edit video, Magix, itu ada edit untuk stabilization video. Nah lanjut gw coba cari aplikasi serupa di playstore. Tapi nemu Cuma 1 aplikasi dan hanya bisa beberapa detik saja. Hanya 20 detik kalau tidak salah. Hasilnya lumayan.

Tapi kemudian coba searching lagi dan ketemu yang bisa edit stabilization sampai dengan video nya selesai. Ternyata fitur tersebut sudah disediakan oleh Google melalui aplikasi Google Photos.

Nah barangkali ada yang belum tahu gimana caranya… baiklah akan gw share ilmunya dimari.
Gw posisi sekarang pake smartphone Xiaomi Mi Note 3 RAM 6GB Internal Memory 64GB Procesor SnapDragon 660, untuk spesifikasi hardware lebih lengkap bisa cek GSM Arena.

Sebenernya ni hp udah punya OIS, tapi sejak upgrade dari MIUI nougat ke oreo, Xiaomi merusak OIS dan sampai sekarang belum ketemu obatnya. Kelihatannya Xiaomi juga ga berkeinginan untuk memperbaiki walaupun udah banyak user yang protes melalui program global beta developer.
Jadi ya udah gw beralih ke custom ROM dan udah PIE. Resiko kalau masih pake nougat, aplikasi terbaru mulai ga support fitur-fitur tertentu.
Custom ROM AOSIP PIE 9.0 (sudah android PIE)
Kalau di hp gw dengan spesifikasi di atas udah berhasil.

  1. Download aplikasi Google Photos
  2. Trus buka dan browse video yang akan dilakukan edit untuk stabilization
  3. Setelah video di buka, kemudian pilih menu yang di tengah bawah.
  4. Setelah itu pilih stabilize
  5. Tunggu aja proses stabilizing sampai selesai dan lihat hasilnya
  6. Kalau sudah ok, baru di save. Kalau ga mau di save yauda back aja lalu discard.





Hasilnya pastinya tidak sebaik dan se-smooth kalau hp udah ada OIS atau kita pake gimbal. Tapi setidaknya dapat mengurangi guncangan dan lebih kece kalau dilihat.

Google photos juga memiliki fitur menarik lain seperti backup foto dan video langsung ke account Google. Selain itu fitur Assistant nya juga bisa melakukan edit foto otomatis, jadi hasil foto bisa lebih kece, dibentuk kolase, atau malah dibentuk animasi. Jadi nampaknya Google Photos bakalan jadi aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna Android.
 
Share:

0 comments:

Post a Comment