Digital Jaman Now



Semakin berkembang zaman, maka teknologi juga ikut berkembang. Teknologi sendiri merupkan kreasi dan inovasi yang tujuannya agar lebih mempermudah kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

Salah satu bentuk teknologi yang sedang booming saat ini yaitu digital.
Digital sangat erat kaitannya dengan benda yang melekat dan sering kita gunakan, contoh paling mudah handphone dan computer/laptop.

Image result for mi note 3
Handphone
Inovasi terus dilakukan untuk teknologi dalam bentuk digital yang dapat diterapkan ke dalam handphone. Salah satunya misal dari perbankan, adanya aplikasi dari tiap perbankan yang dapat diinstal oleh nasabah di handphonenya. Selanjutnya dengan aplikasi tersebut, nasabah dapat melakukan pengecekan saldo, transfer, pembayaran angsuran, pembayaran tiket kereta, pembayaran SPP, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi yang lain.

Image result for mobile banking btn
Mobile Banking BTN

Kemudian juga inovasi dalam metode transaksi pembayaran berbasis cashless. Contohnya pembayaran dengan QR Code yang sudah mulai diaplikasikan oleh beberapa bank. Sehingga apabila semakin banyak penetrasi terhadap metode pembayaran tersebut, maka orang-orang tidak perlu lagi membawa uang fisik banyak di dalam dompet, secukupnya saja. Keuntungan lain yaitu tidak perlu juga khawatir dapat uang kembalian lecek atau menunggu penjual mecah uang kembalian karena nominal uang yang kita bayarkan cukup besar. Benefit untuk penjual yaitu tidak perlu lagi khawatir dapat uang palsu, lebih mempermudah pembukuan, dan tidak perlu menyiapkan laci khusus untuk simpan uang. Kalau boleh usul barangkali dapat dikembangkan metode pembayaran dengan NFC. Sehingga hanya perlu mendekatkan handphone dengan alat penerima pembayarannya. Saat ini sudah mulai terjangkau handphone yang memiliki fitur NFC.

Image result for QR pay btn

Image result for QR pay btn
QR Pay BTN

Bank juga mengembangkan konsep branchless banking di mana nasabah tidak perlu pusing kalau tidak ada kantor cabang bank tersebut di area nasabah. Sehingga segala macam transaksi dapat dilakukan bukan hanya di bank tapi di merchant yang terafiliasi. Ditambah bank juga bergerilya membangun jaringan agen laku pandai terutama di daerah-daerah yang jauh dari perbankan. Sehingga masyarakat di area tersebut dapat mudah berkenalan dengan transaksi perbankan. Kebutuhan untuk pelayanan juga dapat dilakukan via live chat langsung melalui handphone atau by email.

Konsep branchless banking dapat menekan overhead cost, biaya operasional, dan lain-lain. Sehingga laba bank yang dihasilkan juga dapat lebih maksimal. Ditambah juga dengan nasabah semakin dimudahkan dalam berkomunikasi langsung dengan bank. Apabila terdapat kendala, dapat dengan cepat diselesaikan karena lebih terukur apabila menggunakan system digital, segala kegiatan tercatat di system.

Image result for agen griya bayar btn
Agen Griya Bayar BTN - Laku Pandai

Selain itu, teknologi digital juga dapat mengurangi penggunaan kertas, banner, percetakan, dan baliho. Kalau pasang iklan saat ini paling efektif bukan sebar brosur lagi karena kalau sebar brosur biasanya hanya diterima karena kasihan kemudian ditatap sebentar ketika melihat tempat sampah langsung dibuang tanpa perasaan. Masyarakat zaman now lebih menyukaitampilan paling menarik berbentuk gambar bergerak yang juga intuitif. Jadi begitu lihat iklan, bisa klik, lalu dapat langsung telpon, WA, atau menunjukkan arah tujuan tempat promo. Bentuk promo juga dapat melalui social media, dengan kalimat promosi ditambah dengan bumbu berupa gambar atau video youtube sehingga dapat lebih menarik dan bisa menjadi viral.

Kemudian dunia digital menjadi salah satu pusat sumber informasi. Paling cepat dapat info dan gossip terkini dari digital berupa social media.
Inovasi lainnya fitur digital di bidang jasa yang memudahkan dalam pengiriman dokumen dalam satu wilayah, antar jemput, pesan makanan. Jadi tidak perlu lagi putar kepala gimana kalau di luar sana sedang macet atau panas terik matahari.

Kalau lagi gabut atau ngaplo, game digital juga dapat menjadi salah satu obat manjur untuk mengurangi kejenuhan menghadapi realita kehidupan.  Beraneka macam game digital bisa dimainkan di game console, PC, dan juga handphone masing-masing. Dan game juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan untuk yang produksi dan juga user.

Di sisi lain, dalam hal mendokumentasikan momen terindah dalam hidup seperti waktu pernikahan, kelahiran anak, momen waktu bersama dengan keluarga, traveling, dapat dituangkan dalam bentuk foto dan video yang dapat kita lihat sewaktu-waktu apabila ingin mengenang dan juga dapat kita bagikan kepada kerabat untuk dapat ikut merasakan momen tersebut.

Dalam pekerjaan dan bisnis, era digital memudahkan dalam hal pembukuan, pengiriman dokumen lewat email sehingga memangkas biaya dan waktu, memudahkan dalam monitor sumber daya manusia dalam proses bekerja, absensi dan pencapaian kinerja.

Orang berjualan juga sudah semakin dimudahkan dengan digital. Tidak perlu toko fisik. Cukup punya akun di salah satu online shop atau menggunakan sarana social mediamaka hanya cukup posting barang apa yang mau dijual. Maka potensi seluruh penduduk Indonesia bahkan sampai mancanegara dapat mengetahui barang yang kita jual melalui online.

Menurut saya, dengan semakin berkembangnya kemampuan teknologi berbasis digital, penggunaan sumber daya manusia juga akan semakin dapat berkurang sehingga mengurangi overhead cost usaha. Sehingga kita juga sudah mulai ancang-ancang tidak bergantung untuk mencari kerja tapi menciptakan lapangan kerja atau paling tidak berwira usaha.

Selain dari social media, bentuk identitas lain dalam digital yaitu berupa web site atau blog pribadi. Media digital berupa blog pribadi tersebut merupakan factor yang dapat memberikan nilai lebih untuk keperluan marketing ataupun hanya sekedar berbagi informasi dan ilmu. Sekiranya apabila telah banyak viewers setia yang tertarik  dengan blog pribadi kita maka ke depan dapat diberikan slot untuk iklan agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Jadi dalam era yang hampir semua serba digital ini, apabila kita pandai untuk memanfaatkan fungsi dan peluang yang ada, sangat mungkin untuk menjadikan satu hal yang dapat membuat hidup menjadi semakin produktif. Tetapi harus dibarengi dengan niat dan visi yang kuat sehingga tidak mudah vacuum karena bosan atau viewer tidak makin banyak. Untuk jadi bahan renungan barangkali bisa jadi content yang kita sajikan kurang menarik, kurang dibagi ke banyak orang, dan lain hal. Social Media, web, blog, dan media digital lain yang berkaitan dengan kita dapat menjadi sarana untuk memperkuat branding image kita tentunya apabila dikelola dengan positif.

Sekian yang dapat saya bagikan, mudah-mudahan info di atas dapat berguna bagi pembaca.
-- 

Share:

0 comments:

Post a Comment