About Xiaomi Mi Note 3 a.k.a Jason

kali ini gw pengen share salah satu hp mid end yang menurut gw paling yoi karena hampir semua fitur ada, selama ane make juga ga ada kendala, dan awet punya, yaitu Xiaomi Mi Note 3 a.k.a Jason.

Kita mulai dari spesifikasi nya dulu, 
NETWORKTechnologyGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
LAUNCHAnnounced2017, September
StatusAvailable. Released 2017, September
BODYDimensions152.6 x 74 x 7.6 mm (6.01 x 2.91 x 0.30 in)
Weight163 g (5.75 oz)
BuildFront/back glass & aluminum frame
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAYTypeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size5.5 inches, 83.4 cm2 (~73.8% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass 4
- MIUI 10
PLATFORMOSAndroid 7.1 (Nougat)
ChipsetQualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
CPUOcta-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260)
GPUAdreno 512
MEMORYCard slotNo
Internal64/128 GB, 6 GB RAM
MAIN CAMERADual12 MP, f/1.8, 27mm (wide), 4-axis OIS, PDAF
12 MP, f/2.6, 52mm (telephoto), AF, 2x optical zoom
FeaturesDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video2160p@30fps, 720p@120fps
SELFIE CAMERASingle16 MP, 1.0┬Ám
Video1080p@30fps
SOUNDAlert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes, with stereo speakers
3.5mm jackNo
- 24-bit/192kHz audio
- Active noise cancellation with dedicated mic
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYes
Infrared portYes
RadioNo
USBType-C 1.0 reversible connector
FEATURESSensorsFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
- Fast battery charging (Quick Charge 3.0)
- XviD/MP4/H.265 player
- MP3/WAV/eAAC+/Flac player
- Photo/video editor
- Document viewer
BATTERYNon-removable Li-Ion 3500 mAh battery
MISCColorsBlack, Blue (128/6 only)
sumber: https://www.gsmarena.com/xiaomi_mi_note_3-8707.php


kenapa gw milih Jason, karena waktu gw beli Snapdragon 660 paling murah ya ini ditambah punya fitur NFC, tambah lagi baterenya cukup besar 3500 mAH, trus tampilannya premium menurut ane. Support quick charge. Jadi ya kayanya udah best choice banget lah. Lalu colokan USB udah USB Type-C. Buseet apalagi yang harus dipertimbangkan kan kalau udah ada dana. Dan lagi gw emang aga condong ke Xiaomi.

Kalau harga beraneka ragam gan, dulu bisa mencapai 5 jutaan sekarang udah di angka 4 juta kurang 1rb. Untuk pesaing dengan harga segitu ada Mi 8 SE. Memang Mi 8 SE punya prosesor Snapdragon 710 yang lebih keren daripada Mi Note 3 yang masih snapdragon 660, tapi Mi 8 SE ga punya fitur NFC dan layar AMOLED. Pengalaman gw pake layar AMOLED ga pernah menyenangkan sih, gw pengguna hp yang mungkin hampir tiap jam lihat hp karena suka mati gaya. wkwkwk. Layar cepet ngeburn, apalgi kalau ngecharge sambil pake hp. HP panas dikit juga bikin ngeburn. Jadi ya kalau ada HP spesifikasi pake AMOLED gw bilang no!!!! dengan kerad.

Waktu gw beli ini HP di BUKALAPAK dengan T_AND_T Mobile kalau lihat lokasi lapak di Batam.
Respon chat aga lambat sih, tapi pengalaman gw beli hape 2x merk Xiaomi awet semua. Dan kalau pengiriman pengalaman ane sehari setelah transaksi maksimal udah dikirim. Kalau lagi di Batam enak, kirim pake Go Send juga bisa. Kalau belum dikirim untuk luar kota Batam, biasa terkendala stok nunggu dikirim dari Pekanbaru.

Kalau sekarang, Jason udah Global Beta Oreo 8.1. Tapi karena gw ga pake MIUI official jadi ya barangkali agan bisa cek tkp sendiri di situs resmi.

Sedangkan untuk custom rom, Jason udah ada yang Android versi 9.0 a.k.a Android Pie.

Hmmm... sebagai flasher, gw sering banget penasaran kalau ada custom rom baru. Jadi sering banget nge flash custom rom. Setelah keseringan sekarang gw lagi setia sama salah satu custom rom yang menurut gw udah lumayan stabil buat pemakaian sehari-hari plus kustomisasinya juga banyak, dan terakhir support GCam Mod. Nama custom ROM-nya CrDroid udah Official. Jadi bisa cek ke situs officialnya CrDroid. 


 Device: MI Note 3

 Codename: jason
 Maintainer: Dusan Uveric 
 Nickname: uvera
 crDroid version: v5.0
 Last build: 20181109
 Build type: Nightly


Nah Mi Note 3 punya grup yang cukup aktif di  Telegram: https://t.me/MiNote3Chat

Biasanya Custom rOm bermula dari group chat itu, kalau yang udah pake rom ngerasa udah cukup stable lalu dev nya ngepost di XDA.
Kalau di dalam group harus pake bahasa Inggris dan ga boleh tag admin.
Ada juga grup orang-orang cina nya tapi pake bahasa Cina semua ga ngerti ane. wkwkwk.

Kalau misal mau pake Custom ROM kudu gimana? berarti kudu unlock bootloader dulu. Caranya gimana? download mi unlock. gw rasa udah pada pengalaman jadi pada bisa, wkwkw atau bisa googling atau kalau masih mumet, tanya di komen aja.
Tapi yang jelas nunggu ke unlock bootloader nunggu 72 jam a.k.a 3 hari dan ga bisa diakalin. Jadi kudu sabar.

waktu sebelum unlock bootloader, pastikan data-data yang ada di HP yang ente ga ikhlas kalau kehilangan diamankan dulu karena minta format data dan membersihkan segala sesuatu yang ada di dalam memori internal kecuali OS nya, selanjutnya tinggal download TWRP yang terbaru dan official bisa di mari.

lalu flash TWRP via fastboot mode. Nah caranya gimana? wkwkwk bisa by googling atau lewat coment aja di bawah nanti ane pandu.

Kalau ngeflash TWRP via fastboot pake minimal ADB and Fastboot aja.
kalau ga ngerti makenya gimana, yauda komen aja di bawah. wkwkwkw.

Kalau udah semua udah aman tinggal copy custom rom nya ke internal memori, and jangan lupa juga download GApps nya. Pilih versi arm64 android sesuai dengan versi Android di Custom ROm. Dalam hal ini gw pake CrDroid Pie, jadi pake yang versi 9.0 terus pilih aja yang paket minimal, gw biasa pake Pico itu selama ini ga ada kendala.


G Cam Mod
G Cam merupakan aplikasi besutan Google yang fokus pada kamera.
Gcam dapat mengeluarkan kemampuan fotografi yang mumpuni ketika berada di handheld besutan Google sendiri yaitu Google Pixel.

Fitur bokeh hanya menggunakan 1 kamera namun hasilnya lebih bagus daripada HP lain yang memiliki 2 kamera dengan aplikasi bawaan.

Fitur lain yang bikin hasil foto makin keren yaitu HDR+ ini merupakan suatu penemuan dan inovasi yang barangkali memang dibutuhkan untuk yang suka fotografi menggunakan HP.

Hasilnya sangat berbeda ketika menggunakan aplikasi camera bawaan dan GCam.

Melihat kemampuan software GCam tersebut, developer mulai melakukan Mod terhadap G Cam sehingga aplikasi dan fiturnya dapat diaplikasikan di HP lain selain Google Pixel.

Adapun site yang dapat kamu selancar untuk melihat berbagai macam mod GCam ada di sini. Tinggal coba satu-satu mana yang kiranya bisa diinstal dan fitur sebagian besar dapat berjalan terutama foto dan video.

Nah kali ini, gw pengen fokusin buat yang pegang Xiaomi Mi Note 3 a.k.a Jason.
Karena gw lagi pake hp ini. 

kalau ente masih setia sama MIUI, instal flash dulu MIUI 10 yang compatible, untuk saat ini berdasarkan pengalaman ane pernah coba, yaitu MIUI.EU versi stable 10.1 dan juga Rev OS (Revolution OS) MIUI. Tapi kalau di MIUI tersebut harus tambah 2 module Magisk lagi. Yang penasaran, komen aja di bawah. Nanti ane share.

Adapun yang seneng dengan tampilan pure android (AOSP) itu kaya gw, berarti dalam hal ini pake CrDroid Pie, itu ga perlu tambah module lagi, cukup instal aja GCam Mod nya. Versi GCam Mod terbaru udah support kok dan ane pake untuk kegiatan pengabadian momen sehari-sehari. Kalau ada yang penasaran gw pake versi GCam Mod yang mana, juga bisa komen aja di bawah nanti ane share.

Nah ini gw share beberapa hasil jepretan menggunakan GCam di Mi Note 3 ane cekidot aja ke instagram gw adityasetiawan, sekalian follow aja

Nih scan name tag instagram gw:

kalau udah pake GCam sekalian pasang Ar biar tambah kekinian. Caranya gimana? di situs download GCam Mod tadi ada tutorialnya. Kalau masih bingung bisa komen aja di bawah.

Oh ya kalau pake custom rom rasanya kurang nikmat kalau ga dipasangin dengan root. Nah kalau yang lagi ngetrend jaman sekarang root pake Magisk. Caranya gimana? yaw tinggal komen aja nanti bisa ane pandu.

Nah terakhir untuk memantapkan kinerja dari GPU nya, nih ada tambahan untuk flash update driver adreno di Jason dan beberapa HP lain yang kompatibel. Silakan kemari. petunjuknya gw pikir udah cukup jelas tinggal diikutin aja. wkwkwk. Kalau ada yang masih bingung tinggal komen aja di bawah.

Barangkali untuk Jason sekian dulu yang bisa ane share garis besarnya. Untuk detail, menyesuaikan pertanyaan dari pembaca saja. wkkwkkw.
Share:

0 comments:

Post a Comment