[sharing] Pengalaman ikutan rekrutmen ODP BTN

Gan, gw lagi h2c nungguin hasil wawancara akhir yang baru aja terlaksana kemaren hari Senin, 24 Februari 2014. Gw mau berbagi kegalauan gw dengan bentuk sharing pengalaman dari awal sampai akhirnya di momen-momen h2c ini gan.
image
Gw apply ODP BTN waktu itu di jobfair IBI (Ikatan Bankers Indonesia) yang diadain di SMESCO jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Antrian lumayan panjang,  gw kudu bersabar, berdesakan, dan berkeringat. But itulah perjuangan seorang jobseeker gan. Ngantri buat input beberapa data and mengumpulkan berkas lamaran, cv, dimasukkan dalam amplop. setelah ikutan jobfair, gw balik ke kampung halaman gw, Purwokerto.
ODP (Officer Development Program) suatu lowongan yang menawarkan jenjang karir gan, dan biasanya dipersiapkan untuk menjadi pemimpin perusahaan di masa depan .
Selang 3 hari, jam stengah 5 sore gw dapat notifikasi via SMS, pengirimnya BANKBTN mengabarkan kalau pengumuman pelamar yang lolos administrasi sudah bisa dilihat di web BTN (http://www.btn.co.id).
Gw langsung cekidot tkp and download pengumumannya, Alhamdulillah ada nama gw di situ. But, tes pertama ternyata diadain besoknya dan itu pagi hari. Langsung dah gw ngacir ngecek tiket kereta api lewat aplikasi P*diTr*in (via Android), Alhamdulillah masih ada tersisa, ngacir lagi ke stasiun buat beli langsung tiketnya. Sebelumnya ada ketentuan gw kudu buat nomor peserta tes sesuai yang diminta di pengumuman. Waktu itu gw beli kertas stiker (label) gan trus print nomornya, jadi tinggal tempel aja pas di tempat tes.
Alhamdulillah, esoknya gw sampai di Jakarta, tepatnya di stasiun Gambir, sekitar jam stengah 3 pagi. Di sana nunggu sampe waktunya tes gan.  hehe gw ikutan tes ga pake mandi, cman cuci muka sama gosok gigi, soalnya ga nemu tempat buat mandi. Tapi ya aslinya ganteng tetep ganteng lah mo kayak gimana juga.
Tes kompetensi teknis (TKT) merupakan tes pertama gw setelah lolos administrasi. Buka-buka website BTN dan mempelajari produk-produk, visi misi, budaya, dan direksi BTN gan, itu muncul di tes kompetensi teknis. Soal2nya pilihan ganda semua, dan ente dikasi lembar jawaban, sedangkan soalnya dikasi liat lewat proyektor. Isi dari TKT ini adalah pengetahuan tentang pengetahuan umum dan perbankan (fungsi bank umum, bank central, gubernur BI siape), kepanjangan KPR apaan, dan lebih spesifik lagi mengenai BTN, seperti yang udah gw paparin di atas, biasanya direktur utamanya siapa ditanyain gan. wkkwkw. Selanjutnya matematika dasar, kebanyakan ngitung rata-rata gan, dan terakhir bahasa Inggris. TKT ini diadain di lobby menara BTN Jl Gajah Mada No. 1, Jakarta Pusat. Setelah TKT, ntar dipanggilin buat difoto sama diukur tinggi badan, lepas sepatu, trus input nama universitas.
*info tambahan, kadang kalau pelamarnya kebanyakan (misal kayak sekarang nih bukaan banyak, ga lewat jobfair), BTN ngadain wawancara awal dulu, setelah itu, baru TKT. Kalau wawancara ini simple aja cman verifikasi dokumen dan mngkin lebih ke penampilan aja ya.
… waiting for about 2 weekstiap hari, tiap 3 jam gw ngecek web BTN, ehh muncul pengumuman yang lolos TKT dan berhak untuk ikut tahap selanjutnya, yaitu Psikotes. Kali ini ga ada notifikasi via SMS gan, jadi ada tuh beberapa peserta yang telat ngecek web, lolos ke tahap psikotes tapi ya ga ikutan tes. Jadi, buat ODP-ers, ente kudu sering-sering cek website nye. Alhamdulillah, ada nama gw lagi, kalau yang ini mending gan tes sama pengumuman ga mepet, kalau ga salah pengumuman kamis, tes nya Sabtu. Tempat psikotes nya di LPPI (Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia) daerah Kemang, Jakarta Selatan.
Psikotes isinya apa aja??? 
  • kreplin,
  • gambar orang, pohon, wartegg,
  • tes kepribadian,
  • psikotes pada umumnya di rekrutmen2 laen, itung-itungan, pola gambar, 
  • ngisi lembar an banyak nanyain soal kepribadian.
  • ditambah FGD
  • wawancara psikolog.
Untuk FGD, waktu itu dikasi pilihan sifat-sifat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin, nah prioritasin tuh 5 aja dari sekian banyak sifat, ya udah diskusikan. Trus ntar 1 orang sukarela mempresentasikan hasil rembukan.
Wawancara psikolog, gw ditanyain motivasi, pengalaman kerja, sama mungkin hal-hal unik yang ditulis di lembar jati diri kepribadian yang udah gw tulis. bisa jadi kelebihan dan kekurangan atau bisa jadi organisasi.
keseluruhan Tes yang satu ini menghabiskan waktu kurang lebih 7 jam an gan. Start jam stengah 9 an sampai jam stengah 4 an. Tenang aje, waktu istirahat dan shalat, ente dapat nasi kotak gratesss.
 waiting again for about 2 weeks, and muncul lagi pengumuman yang lolos psikotes, dan berhak ikutan medical check up. Alhamdulillah nama gw masih ada.
Medcheck gw waktu itu di Klinik Swamedika di basement gedung bank BNI jl Sudirman, sebrangnye stasiun sudirman gan. Tes nya itu antara lain:
  • cek jantung,
  • urine,
  • darah,
  • tes buta warna, dikasi liat angka-angka berwarna gitu lah pasti ente juga udah pada  ngarti, sama tes mata minus, dipakein kacamata, trus tiap mata diuji ngeliat huruf2 di papan.
  • cek hernia (biji lo bakal diremet2 gan trus lo kudu ngeden kaya mau eek, sambil dipencet bagian antara perut dan kelamin ente, trus ditanyain ada yang sakit nggak?) ewww,
  • belum berakhir gan, ente diminta untuk posisi sujud lalu ditusbol gan trus ditanyain rasanya gimana, sakit apa geli? ewww…
  • rontgen paru2, lu tempelin dada ente ke satu alat trus tahan napas, ga ada 3 detik selesai.
Sebelum med check, sehari sebelumnya, dari mulai jam 10 malem ente kudu puasa makan (minum boleh) sampai nanti selesai cek darah. Selesai cek darah ente dikasi snack kok gan isinya telur rebus, susu, sama roti.
waiting lagi for about 1 week and muncul pengumuman wawancara akhir. Belum ada pengumuman lolos tes kesehatan. Gw kira buat ODP ini wanhirnye ternyata, buat ODP itu, diundang dateng buat penawaran untuk posisi lain, barangkali ada ODP-ers yang pesimis kalau tar pas ikutan tahap selanjutnya, yaitu tes TPA (tes potensi akademik) & Toefl gagal ga memenuhi skor yang menjadi standar rekrutmen ODP BTN. Kalau ada yang tertarik dengan penawaran itu, silakan ntar ikutan wawancara akhir sama kepala bagian atau manager pada hari itu juga. Kalau yg optimis dan ga minat, boleh pulang.
Nah tar kalau ternyata gagal waktu TPA dan TOEFL nya, ente lolos tes kesehatan, dan wanhir tadi, maka ente langsung dialihkan menjadi posisi yang ditawarkan saat penawaran, waktu itu sih tawarannya jadi SS (supporting staff), sebenarnya. Kalau ditawarinya GBS (general banking staff) mungkin ane ikutan gan. Diinfoin juga untuk TPA skor minimal 550, sedangkan toefl 500 buat lulus.
Oiye sore nya keluar tuh pengumuman buat tes toefl dan TPA, ini juga diadain di LPPI Kemang. Ga ada makan siang gratis dan istirahat cuman 15 menit, itu aja menurut gw cman cukup buat ngantri pipis di toilet. Padahal TPA dah cukup bikin mikir keras dan bikin perut mlai keroncongan gan, mana gw cman sarapan bubur ayam.
Beberapa fakta mengenai TPA-nye gan:
  • TPA nya dari BAPPENAS
  • soal awal sama akhir yang biasanya lumayan buat dikerjain dlu, yang tengah2 biasanya hitung2an dengan angka-angka yang nominalnya gede dan desimal yang ga bulet.
  • sinonim dan antonim (kata2nya lumayan jarang kepake di keseharian, banyak2 latian soal aja gan.
  • Silogisme.
  • Premis mayor, minor.
  • Deret angka
  • Ada juga yang ngitung pake rumus bola, dsb.
  • TPA nya memakan waktu kurang lebih 2 jam an, trus istirahat 15 menit, langsung lanjut TOEFL 2 jam lagi. 
Setelah tes, gw balik  ke kampung halaman tercinta lagi, PURWOKERTO.
… waiting for almost 1 month, muncul lah pengumuman TOEFL dan TPA, Alhamdulillah gw lolos lagi.
… Tambah lagi waiting for almost 1 month sampe akhirnya keluar pengumuman tes kesehatan, itu juga Alhamdulillah lolos.
Peserta yang lolos sampe ke tahap wanhir ada 8 orang.
Nah, pas maghrib2, HCD nye nelpon ngasi tau kalau tar wanhir bakalan bisa sangat tiba-tiba (dikarenakan direksinya sibuk gan, dan kala itu jumlah direksinya BTN ga seharusnya, biasanya ada 7, tapi waktu itu cman ada 3 atau 4, ada yang ga lolos fit n proper test BI), trus gw diminta datang ke menara BTN besoknya jam 2 siang, buat ngumpulin dokumen: surat lamaran, CV lengkap, dan formulir jati diri yang dapat diunduh waktu pengumuman tes kesehatan keluar. Langsung ngacir gw ke stasiun buat beli tiket pergi ke jakarta malam itu juga. Alhamdulillah subuh2 sampai di Jakarta.
Gw langsung numpang mandi di tempat sodara gw di daerah Cimanggis, Depok. Dan selama di derah Jakarta, gw biasa numpang nginep juga di sono.
Oh iye waktu itu hari Jumat gan. Gw jumatan di masjid nya menara BTN.
Jam 2 otw ke lantai 9, tkp ketemuan sama pihak hcd nya buat pengumpulan dokumen dan sedikit pengarahan buat wanhir. Jadi ya tadi gan, karena direksinya waktunya padat dan ga menentu, jadi pemanggilan wanhir bisa sangat mendadak. Ditanyain juga soal domisili, yang domisili Jakarta dan sekitarnya bakalan dipanggil duluan,
Minggu depan, hari rabu, 4 orang yang domisili daerah Jakarta, dapet telp jam 9 pagi dan kudu stand by jam 12 siang di menara BTN, tapi berddasarkan cerita temen gw, wanhir baru mulai jam 4 sore an dan berakhir jam stengah 7 malam. Gw yang domisili Purwokerto dapet telpon Senin pagi minggu depannya lagi, jam 07.45 dan wanhir jam 4 sore. Mlai wanhirnya jam stengah 6. Gw barengan sama 3 peserta lain yang tersisa yang kebetulan emang domisilinya pada di luar jakarta.
Wawancara Akhir, gw dapat antrian terakhir karena gw sampai di tkp terakhiran. Tadinya udah pengen berangkat gasik banget, eh ternyata air mati di tempat sodara gw, nunggu sampai nyala biar bisa mandi.
Balik ke lantai 9 lagi ke ruang meeting sekaligus waiting, Pas ente tanda tangan presensi, di situ juga ada skor TPA sama TOEFL agan. ewww… Oh iye ini beberapa hal yang gw ambil dari pengalaman wanhir kemarin.
  • Pewawancara Wanhirnya adalah Bpk Mansyur S. Nasution.
  • Beliau merupakan sosok yang ramah dan friendly. Begitu masuk ya salaman dulu gan. Pembawaannya santai, hangat..
  • Isi wawancaranya kebanyakan soal strength and weakness and nasehat2 mungkin pengen tau pola pikir kita gimana dan Beliau memberikan sugesti ente kudu begini begitu.
  • Ada juga yang ditanya mengenai perbankan, beda bank negara maju dan berkembang.
  • Kalau gw pribadi ditanyain kebanyakan personal,
  • nama panggilan,
  • dari mana,
  • visi sebagai ODP (kalau ini menurut Beliau, di manapun posisi ente, ente kudu bisa menjadi seseorang yang dapat memberikan manfaat, bukan benalu),
  • sesuatu yang ga bisa terkejar sama yang lain (nah kalau ini intinya bagaimana ente menjaga integritas, mengetahui bagaimana ente, apakah ente orang yang persistent, apakah ente player atau victim),
  • ditanyain sudah shalat dan makan belum, akhirnya terima kasih yaa, trus salaman.
  • Dinasehatin juga si ente kudu paham gimana menjual diri biar bisa lebih percaya diri gitu gan dari yang lain.
Kebetulan pas jam wawancara kan dah waktu makan malam, jadi dikasi makan dari BTN nyee, waktu itu dikasi nasi goreng. 
Nah sekarang ini momen galau gan. lolos ngga? Hanya waktu yang mampu menjawab, mbak2 HCD nya bilang pantengin website BTN, seminggu atau 2 minggu lagi keluar hasilnya. Mau buat reportnya dulu.
Gw mau terima kasih sama bro Agung, yang dulu udah berjuang bareng pas proses rekrutmen dari psikotes sampe toefl and tpa. Barangkali juga berkat doa bro yang satu ini gw bisa sampai ke tahap akhir. Soalnya dia sering bilang, “lu kudu lolos sampe akhir, soalnya dah jauh-jauh dateng (dari Purwokerto)”. Biasanya tiap abis tes gw langsung balik pwt gan. Moga2 aja bro Agung juga dapat yang terbaik.
Saya juga terima kasih kepada Pak Mansyur S. Nasution, selaku pewawancara akhir sekaligus salah satu direktur di BTN yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk mewawancarai dan juga memberikan banyak sekali masukan-masukan untuk bekal saya. Mudah-mudahan Bapak memberikan kesempatan untuk membuktikan.
Sekian dulu gan cerita pengalaman gw ikutan proses rekrutmen ODP Bank BTN. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman, kalau ada yang ikutan juga…
Share:

0 comments:

Post a Comment